Selasa, 14 Januari 2014

cara cumi-cumi terbang







cumi-cumi terbang





   Cumi-cumi terbang dapat melarikan diri dari musuh lebih cepat daripada hampir semua binatang lain di laut. Berkat tubuhnya yang berbentuk torpedo, cumi-cumi mampu berenang dengan mudah dan lancar. Dengan menyemburkan air melalui corong alamiah di  bawah matanya, cumi-cumi dapat melompat keluar dari laut secepat 55 kilometer per jam.  Cumi-cumi mendorong tubuhnya ke atas dengan kekuatan begitu dahsyat sehingga ada yang diketahui mendarat di geladak kapal. Namun, pembalap laut ini dapat berjalan lambat seperti siput, terutama kalau sedang bergerak untuk menyergap mangsanya.

    Di udara, cumi-cumi mengendalikan arahnya dengan sirip berbentuk kepala anak panah pada ujung tubuhnya. Sirip ini berfungsi sebagai alat keseimbangan. Kedelapan lenganya yang berotot serta dua tentakel panjangnya terentang dari kepala seperti sayap. Ilmuwan menduga bahwa selaput lengket menutup sela antara lengan yang terentang itu sehingga menciptakan suatu bidang yang mengangkat dan menopang mahluk yang sedang meluncur itu.

   Cumi-cumi memiliki keunggulan lain terhadap pemangsanya. Penglihatan matanya luar biasa dan cumi-cumi dapat menemukan penyerang selagi masih jauh. Akan tetap, bila seekor pemangsa sudah terlalu dekat, cumi-cumi masih memiliki satu senjata darurat: binatang ini dapat menyemburkan tinta hitam pekat ke dalam air untuk membingungkan musuhnya, sementara cumi-cumi melarikan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar